Thursday 16 October 2014

Say no to bullying

Bullying adalah ketika seseorang atau sekelompok orang berulang kali mencoba untuk menyakiti seseorang yang lemah atau yang mereka anggap lemah. Kadang-kadang melibatkan serangan langsung seperti memukul, nama panggilan, menggoda atau mengejek. Kadang-kadang tidak langsung, seperti sebagai menyebarkan desas-desus atau mencoba untuk membuat lain menolak seseorang. Sering kali orang mengabaikan intimidasi di kalangan anak-anak sebagai bagian normal dari tumbuh dewasa. Tapi bullying adalah berbahaya. Hal ini dapat menyebabkan anak-anak dan remaja untuk merasa tegang dan takut. Ini dapat menyebabkan mereka untuk menghindari sekolah. Dalam kasus yang parah, remaja yang diganggu mungkin merasa perlu untuk mengambil langkah-langkah drastis atau bereaksi. Lainnya bahkan mempertimbangkan bunuh diri. Bagi beberapa orang, efek dari intimidasi berlangsung seumur hidup. Nha,ketika seseorang menjadi target bullying sehingga menjadi terintimidasi,apa iya harus tinggal diam dan tidak bisa melakukan perubahan?? Bullying janganlah dianggap sebagai hal yang biasa dan normal,bullying dapat dianggap sebagai first level of criminalitas. Kenapa??,karena ketika seseorang telah melakulan bullying di usia mudah, maka kemungkinan besar bullying akan berubah menjadi pemicuh timbulnya kriminalitas jika dilakukan terus menerus.
Kenapa seseorang mau melakukan bullying terhadap orang lain??
Inilah alasannya, check it out.....
1. Seseorang melakukan bullying karena pernah mengalami hal yang sama yakni dibully oleh orang lain. Seakan-akan mereka membalas dendam dengan cara membully orang lain. Apakah kita harus berkelakuan demikian???, menurut saya tidak. Bukankah kita sebagai manusia yang bijak tidak seharusnya melakukan balas dendam. Apa yang telah kita rasakan ,pahit getirnya bullying janganlah kita membiarkan orang lain merasakan hal yang sama. Kita yang telah tahu betul tentang bullying,seharusnya kita bisa menghentikan hal tersebut.
2. Seperti yang kita ketahui bahwa bullying telah ada pada zaman dahulu. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor maraknya bullying. Pelaku bullying menganggap hal tersebut sebagai sesuatu yang harus diikuti. Melihat hal tersebut,seharusnya kita bisa berpikir lebih pintar lagi. Haruskah kita mengikuti sesuatu yang purba(jaman dahulu ) dan bersifat negatif ???. Kita sekarang berada di era millenium, tidak jaman lagi melakukam bullying. So, stop bullying.
3. Terkadang bullying terjadi akibat pengaruh lingkungan sekitar, ketika satu dua orang melakukan bullying,biasanya orang lain turut serta terutama di lingkungan sekolah. Ketika di lingkungam kita terjadi hal yang demikian kita tidak harus turut serta melakukan hal yang sama. Kita harus menjadi orang yang pertama mengatakan "STOP" pada bullying. Janganlah membiarkan seseorang terintimidasi akibat perilaku bullying.
Dalam menghentikan masalah bullying terutama di lingkungan sekolah,semua pihak bertanggung jawab terhadap hal tersebut. Harus ada sistem yang dibuat agar bullying dapat dimengerti, dipahami, dan diaplikasikan dalam kehidupan bahwa bullying itu berbahaya dan harus dihentikan.
So, mulai dari sekarang "SAY NO  TO BULLYING". :-)

Salam dari tempat terindah di dunia...

0 comments:

Post a Comment

Design by BlogSpotDesign | Ngetik Dot Com